Prospek Kerja Lulusan Agroekoteknologi

Pingin melanjutkan pendidikan ? Tetapi bingung mau pilih jurusan apa ? Mungkin Jurusan serta Program Studi Agroekoteknologi bisa menjadi pilihan bagi anda.

peluang kerja lulusan agroteknologi

Sebagai negara yang sangat luas lahan pertaniannya tentunya prospek kerja lulusan agroekoteknologi sangat luas sekali. Sebelum membahas tentang prospek kerja lulusan agroekoteknologi marilah pertama-tama kita bahas terlebih dahulu apa itu “agroekoteknologi”

Asal kata Agroekoteknologi atau biasa disingkat dengan Agroteknologi adalah “agro” serta “teknologi”. Agro merupakan adalah ilmu yang mempelajari gejala dan fenomena yang terkait dengan pertanian baik itu secara teori maupun praktek dalam pengelolaan tanah serta produksi tanaman. Sedangkan kata “teknologi” berkaitan erat dengan ilmu sains serta perekayasaan.

Jka anda mengambil Program Studi Agroteknologi nantinya anda akan mempelajari tentang bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari berbentuk bibit sampai berbentuk hasil dan selanjutnya diolah menjadi sebuah produk.

Anda juga akan mempelajari tentang tanaman dan tumbuhan, pangan ataupun hortikultura, serta praktek langsung tentang bagimana cara proses menanam bibit yang baik, proses panen, proses pengolahan, hingga proses produksi.

Program Studi Agroteknologi nantinya akan lebih fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan “tanaman”-nya itu sendiri dan juga mengenai hal-hal yang terkait dengan proses penanamannya.

Peluang Kerja Lulusa Jurusan Agroteknologi

Lulusan Agroteknologi dapat bekerja sebagai Pengusaha atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura serta kehutanan. Menjadi pengusaha maupun pelaku bisnis dalam bidang pembenihan, penjualan pupuk serta pestisida atau menjual alat-alat produksi pertanian merupakan salah satu pilihan bagi lulusan Agroteknologi.

Lulusan Agroteknologi juga bisa menjadi pengelola perkebunan-perkebunan baik milik pribadi, swasta maupun pemerintah.

Bekerja di industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional. Bergabung di Kementerian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembnagan/Litbang), Pemerintahan Daerah (Pemda) dengan dinas-dinas teknisnya, lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintah dan swasta.

Lulusan Agroteknologi berpeluang besar bergabung sebagai Akademisi dan peneliti di Perguruan Tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta), industri pangan, pakan, farmaka dan biodiesel.

Menjadi Konsultan profesional di sektor pertanian/perkebunan, atau di organisasi organisasi besar Badan Pertanahan Nasional (BPN), LIPI, BUMN, hingga menjadi fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis/pertanian.

Selain bergerak dibidang pertanian, lulusan agroteknologi dapat bekerja diluar sektor pertanian seperti pegawai bank, guru, dosen, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal).

Itulah beberapa peluang kerja dari lulusan agroteknologi, sebenarnya lulusan agroteknologi sangat fleksible sekali karena sampai saat ini sarjana agroteknologi masih tetap banyak dibutuhkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*