Pratikum Menggambar Mesin Alat Olahraga

Latar Belakang

Permasalahan yang ada di lapangan dan solusi yang direncanakan olah raga mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh maupun organ tubuh manusia lainnya. Dengan berolah raga maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Banyak ragam cara berolahraga salah satunya yaitu sit up. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu alat untuk mendukung kegiatan olah raga tersebut.

Orang-orang sering kali melakukan sit up dilantai yang kotor , tanah , dll. Dengan itu badan kita menjadi kotor ,punggung menjadi sakit, sehingga mengganggu kegiatan olah raga kita yaitu sit up.

Dengan menggunakan alat sit up bench proses kegiatan olah raga kita terutama pada olah raga sit up akan lebih nyaman , dan membentuk otot perut lebih cepat , dan juga punggung tidak sakit.

Alasan Pemilihan Desain

Pemilihan desain kami adalah alat olahraga dikarenakan para masyarakat masih melakukan dengan cara manual. Melakukan sit up secara manual tidak mengunakan alat akan ber efek samping membuat punggung sakit dan membuat kotor badan .

Manfaat Alat

  1. Alat olah raga ini lebih efisien
  2. Tidak membuat punggung sakit
  3. Lebih terasa nyaman

Gambar Desain ( Part / Assembly)

gambar desain alat olahraga

  • Prinsip Kerja

Alat olahraga sit-up ini menggunakan prinsip kerja penahanan siku terhadap kaki seseorang yang melakukan sit-up. Ketika kita berbaring diatas bench sit-up, kaki kita kemudian dimasukkan ke siku alat sit-up. Siku alat sit-up tersebut akan menahan kaki kita sehingga kaki tidak bisa melakukan gerakan apapun. Lalu kita melakukan ayunan kedepan dan belakang. Siku akan mengalami tegangan yang diakibatkan oleh gaya yang dilakukan oleh kaki kita, sedangkan bench sit-up akan mengalami tegangan juga dari badan kita. Dengan gaya yang diberikan oleh tubuh kita, alat sit-up juga akan melakukan gaya tekan yang sama kuatnya sehingga tubuh kita akan sekuat tenaga untuk melakukan gerakan ayunan. Dengan gaya maksimal yang dikeluarkan oleh tubuh dan alat sit up maka otot tubuh akan bereaksi yang kemudian membentuk bentuk tubuh yang kencang, sehat, dan kuat terutama pada bagian perut kita.

  • Gambar Kerja (Drawing)

gambar kerja

  • Analisis Tegangan

analisa tegangan mesin

Tulisan ini juga bisa anda lihat dalam bentuk softcopy serta anda juga bisa download secara langsung.

References

Anugrah, F., Adi, H., Wahyudi, W., & Sunardi, S. (2015). MODUL PRAKTIKUM CAD-INVENTOR.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*