Pendaftaran Praja IPDN Tahun 2017

Pendaftaran Praja IPDN Tahun 2017 – Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau disingkat IPDN telah secara resmi mengumumkan jadwal penerimaan Calon Praja IPDN untuk tahun 2017.

seleksi penerimaan calon praja ipdn 2017

Pengumuman resmi ini merupakan informasi yang sangat ditunggu-tunggu bagi para lulusan SMA/MA tahun 2017 ini dan lulusan SMA/MA 2 tahun terakhir. Proses registrasi dilakukan secara online melalui dua tahapan dan terintegrasi dengan website Panselnas Sekolah Ikatan Dinas.

Untuk tahun 2017 ini kuota penerimaan IPDN sebanyak 1.689 Praja yang akan diambil dari putra-putri terbaik dari setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Pendaftaran Calon Praja IPDN ini telah dimulai sejak tanggal 9 maret 2017 dan berakhir pada 31 maret 2017. Ada banyak tahapan seleksi yang harus dilewati calon praja ipdn hingga nantinya resmi menjadi praja, jika dijumlahkan ada 8 tahapan seleksi yaitu:

  1. Tes Administrasi
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  3. Tes Kesehatan Daerah
  4. Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran
  5. Tes Pantukhir dan Verifikasi Faktual Dokumen
  6. Tes Kesehatan Pusat
  7. Tes Kesamaptaan
  8. Tes Wawancara

Sangat banyak memang dan tentunya akan menguras pikiran serta tenaga bagi Capra IPDN. Namun bagi yang berhasil lolos menjadi Praja IPDN tentunya semua perjuangan yang telah dilewati tidak akan sia-sia.

Jaminan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu faktor utama mengapa IPDN sangat diminati oleh para lulusan SMA/MA.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapi tes ipdn:

  1. Persiapkan diri paling tidak mulai 1 tahun sebelum pendaftaran.
  2. Mulai berlatih fisik secara rutin
  3. Menjaga kesehatan (mata, gigi, jantung, paru-paru)
  4. Berlatih renang
  5. Belajar mengerjakan soal-soal Tes Kompetensi Dasar
  6. Menjaga Attitude
  7. Persiapkan mental

Perlu diketahui juga bahwa kuota praja yang diterima di IPDN dari setiap provinsi berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan provinsi tersebut.

Dari beberapa tahapan tes diatas sebagian besar gagal pada tahapan tes kedua yaitu Tes Kompetensi Dasar. Tes ini sangat ketat sekali karena yang berhak lolos dari tes ini hanya 3 x jumlah kuota provinsi. Misalkan provinsi Jawa Barat tahun 2017 mendapat jatah kuota Praja IPDN sebanyak 50 Praja, maka yang berhak lolos ke tahapan Tes Kesehatan Daerah hanya berjumlah 50 x 3 = 150 Capra.

Contohnya Provinsi Banten, kuota untuk tahun 2016 yang lalu berjumlah 16 Praja berarti maksimal jumlah peserta yang lulus TKD dan berhak melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya adalah = 3 x Jumlah Kuota = 3 x 16 = 48. Sedangkan Capra yang mendaftar dari Provinsi Banten tahun 2016 yang lalu berjumlah 559 Capra. Ini artinya ada 511 Capra yang gugur pada tahapan Tes Kompetensi Dasar.

Bagi Capra yang tahun ini mendaftar sangatlah penting mempelajari materi Tes Kompetensi Dasar.

Berikut ini kami referensikan beberapa website yang sangat bermanfaat bagi Capra IPDN untuk mempelajari Materi Tes IPDN

  1. https://goo.gl/2zoLmq
  2. https://goo.gl/HF9LUS
  3. https://www.facebook.com/soaltesipdn/

Silahkan klik link diatas dan harapan kami beberapa link diatas dapat membantu persiapan Capra IPDN tahun 2017 ini.

Facebook Comments