Klaim Transaksi Tanpa Otorisasi Paypal

Ini pengalaman saya yang kedua mengalami transaksi tanpa otorisasi paypal alias pembayaran tanpa persetujuan kita. Ceritanya tiba-tiba saya mendapatkan email resi pembayaran berlangganan pada salah satu website yang dimana website tersebut tidak pernah saya buka sama sekali.

Sedang Dalam Proses Klaim
Klaim sudah berhasil dan dana dikembalikan ke saldo paypal

Pada gambar pertama akun paypal saya melakukan pembayaran tanpa persetujuan saya ke “Virtual Strom Security” sejumlah $38. Sedangkan untuk gambar kedua lebih parah lagi, bukan hanya satu transaksi tetapi sekaligus 2 x transaksi tanpa otorisasi yang masing-masing sejumlah $24.

Untuk transaksi yang kedua sudah berhasil di klaim dan dana dikembalikan penuh ke saldo paypal saya.

Nah bagi pembaca yang mungkin mengalami hal yang sama yang pertama harus dilakukan adalah jangan panik karena mungkin saja transaksi tanpa otorisasi ini jumlahnya bisa mencapai ratusan dollar.

Langkah berikutnya adalah mengecek website yang tertera pada email masuk “resi pembayaran paypal”. Periksa apakah anda pernah melakukan registrasi di website tersebut atau tidak ? jika dirasa memang tidak pernah mengakses website tersebut langkah berikutnya adalah “login ke akun paypal”

Setelah login ke akun paypal langkah pertama yang dilakukan adalah ganti password anda saat ini. Setelah mengganti password langkah berikutnya adalah mengecek transaksi yang dilakukan tanpa otorisasi kemudian melaporkannya sebagai “transaksi tanpa otorisasi”

Setelah mengklik tautan seperti gambar diatas tinggal diikuti saja langkah-langkah selanjutnya. Setelah selesai melaporkan masalah transaksi tanpa otorisasi maka secara otomatis kita akan mendapat email seperti dibawah ini.

Setelah mendapat email ini kita tinggal menunggu maksimal 7 hari, tetapi menurut pengalaman saya proses ini hanya membutuhkan waktu 3 hari bahkan untuk kasus diatas hanya 1 hari sejak melakukan klaim. Jika klaim kita diterima maka kita akan mendapat email dari paypal bahwa kita telah memenangkan klaim dan dana dikembalikan penuh ke akun saldo paypal kita.

Pada akun paypal juga akan muncul menu kasus yang sedang kita sengketakan seperti dibawah ini

Sangat mudah sekali bukan ? Nah yang saya pertanyakan adalah bagaimana transaksi ini bisa terjadi ? bukankah untuk melakukan pembayaran kita harus melakukan login ke akun paypal kita ?

Hal ini pernah dijawab oleh pihak paypal, ada beberapa kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi diantaranya link phising, browser yang terinfeksi virus, atau mengakses web yang meminta kita memberi otorisasi tertentu tanpa kita sadari.

Facebook Comments