Cara Merubah Derajat ke Radian

Kembali lagi bersama kami Ngekul.com. Sesuai dengan motto kami yaitu kami menyajikan apa yang kalian cari maka dari itu pada tulisan ini kami akan membahas tentang bagaimana “Cara Merubah Derajat ke Radian“.

radian dan derajat

Pembahasan yang akan kami jelaskan dibawah ini merupakan pembahasan dasarnya artinya tentu perlu penjelasan lebih detail lagi. Namun jika anda memiliki pertanyaan silahkan saja langsung isi pada kolom komentar yang telah kami sediakan di akhir artikel ini.

Kita biasa menemukan satuan sudut adalah derajat. Kadangkala kita menemui masalah ketika berhadapan dengan bilangan real, sehingga kita harus merubah derajat ke bilangan real.

Lantas bagaimana cara mengubah satuan derajat ke dalam bilangan real?

Misalnya saja pada mata pelajaran trigonometri, kita akan menggambar sudut 3o derajat dalam koordinat cartesius. Padahal di dalam koordinat cartecius itu sendiri merupakan bilangan real. Misalnya kita akan menggambarkan grafik dari sin(x), cos (x) dsb, maka kita perlu merubah x dari derajad ke radian. Besarnya sudut sebuah lingkaran apabila kita tuliskan dalam derajat adalah sebesar 360 derajat, tetapi dalam radian adalah 2 phi radian. Sehingga 2 phi setara dengan 360 derajat, atau 1 phi = 180 derajat.

Perbandingan itu, kemudian kita jadikan dasar dalam konversi ini.

Derajat ke Radian

Misalnya kita akan merubah 30 derajat ke bentuk radian, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

cara merubah derajat ke radian

Jadi 30 derajad = 0.524 radian.

Radian ke Derajat

Misalnya kita akan merubah 2 radian ke bentuk derajat, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

rumus merubah radian ke derajat

Jadi 2 radian = 114.6 derajat.

Yang kita lakukan tersebut sama sekali tidak merubah nilai. Karena, π/180 atau 180/ π adalah nilainya satu. Setiap bilangan yang dikalikan satu adalah bilangan itu sendiri. Ini adalah identitas dari pada perkalian. Tentunya π dalam bilangan real itu setara dengan 180 dalam satuan derajat.

Dengan ditulisnya satuan derajat ke dalam bilangan real. Kita dengan mudah bisa menggambar grafik dari fungsi trigonometri, antara lain sin cos dan tan.

Pada kalkulator juga sering digunakan istilah radian dan derajat. Kalkulator tertentu sudah disetting untuk menghitung dengan radian tetapi biasanya kebanyakan kalkulator menggunakan satuan derajat untuk menghitung nilai dari trigonometri. Itu tidak menjadi sebuah masalah karena kita sudah belajar mengenai cara merubah satuan derajat ke satuan radian.

Bagaimana ? sangat mudah bukan ? jika ada pertanyaan silahkan saja bertanya melalui kolom komentar yang telah kami sediakan.