7 Makanan Khas Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya akan wisata kulinernya. Berikut kami rangkum 7 kuliner yang favorit di daerah Sumatera Barat ini.
  1. RENDANG
rendang
Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.

Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak).

Pada tahun 2011 melalui jajak pendapat internet yang melibatkan 35.000 responden yang digelar CNN International, menobatkan Rendang sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar ‘World’s 50 Most Delicious Foods’.

2. Dendeng Balado

dendeng-balado1

Hampir semua restoran padang yang ada di sumatera barat menyediakan menu DENDENG BALADO, makanan ini berbahan dasar daging sapi yang di potong tipis dan di kasih bumbu rempah-rempah dan di jemur hingga kering,setelah itu baru di goreng dan di kasih LADO ( cabe merah ) Rasanya sangat enak, silakan bagi pembaca yang berkesempatan ke SUMATERA BARAT jangan lupa untuk mencicipi dendeng batokok ya.

3. Dendeng Batokok

dendeng-batokok

Sama halnya dengan dendeng balado, dendeng batokok juga hampir di setiap restoran padang di sediakan, bedanya adalah kalau dendeng batokok ini di getok/di pukul atau di tumbuk setelah di goreng dan tentunya dengan bumbunya yang khas dan di taburi dengan cabe merah di atasnya, di jamin ketagihan.

4. Soto Padang

soto-padang

Soto merupakan hidangan berkuah yang memiliki rasa dan ciri khas masing-masing di setiap daerah dan tak ketinggalan sumatera barat juga punya menu soto yang lebih di kenal dengan nama SOTO PADANG, soto padang yang bercita rasa gurih dengan campuran sambal merah yang khas sangat cocok untuk di cicipi bersama keluarga.

5. Sate Padang

sate-padang-300x225

Orang Indonesia tentu sudah tidak asing dengan menu sate dan beberapa daerah di Indonesia punya ciri khas masing-masing, ciri dari sate padang ini adalah tidak adanya tambahan kecap seperti halnya sate yang ada di pulau jawa dan juga sate padang memiliki ciri dengan rasa gurih bercampur pedas di tambah dengan taburan bawang goreng yang menambah cita rasanya.

6. Lamang Tapai

Lamang-Tapai-Ketan

Ini dia makanan yang sangat saya sukai,namanya lamang tapai. Makanan ini sich katanya berasal dari daerah pesisir selatan, tapi hampir di semua daerah minang kabau terdapat makanan ini. Bahan dasar makanan ini adalah beras ketan yang rasanya sangat khas, rasanya manis bercampur dengan cita rasa tapai yang nikmat, coba deh di jamin ketagihan.

7. Kalio Baluik

samba-lado-tanak

Samba Lado Tanak merupakan masakan khas dari nagari sungai jambu,di pinggang  gunung  marapi , kabupaten tanah datar sumatera barat. Diolah dari cabe yang sudah di giling, santan yang sudah di masak di campur dengan ikan teri,pete,kentang, hmmmm enak, yang khas dari masakan ini adalah pedasnya yang membuat anda minta ampun silakan di coba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*